Minggu, 11 November 2012

pengertian psikologi anak

Psikologi anak adalah cabang psikologi yang mempelajari perubahan dan perkembangan stuktur jasmani, perilaku, dan fungsi mental manusia yang dimulai sejak terbentuknya makhluk itumelalui pembuahan hingga menjelang mati.

Psikologi anak sebagai pengetahuan yang mempelajari persamaan dan perbedaanfungsi-fungsi psikologis sepanjang hidup (mempelajari bagaimana proses berpikir pada anak-anak, memilikipersamaan dan perbedaan, dan bagaimana kepribadian seseorang berubah dan berkembangn

Masa ini dimulai dari umur 2 minggu sampai umur 2 tahun. Masa bayi ini dianggap sebagai periode kritis dalamperkembangan kepribadian karena merupakan periode di mana dasar-dasar untuk kepribadian dewasa pada masaini diletakkan.Bayi merupakan manusia yang baru lahir sampai umur 24 bulan, namun tidak ada batasan yang pasti. Pada masaini manusia sangat lucu dan menggemaskan tetapi juga rentan terhadap kematian. Kematian bayi dibagi menjadidua, kematian neonatal (kematian di 27 hari pertama hidup), dan post-neonatal (setelah 27 hari).Pemberian makanan dilakukan dengan penetekan atau dengan susu industri khusus. Bayi memiliki instingmenyedot, yang membuat mereka dapat mengambil susu dari buah dada. Bila sang ibu tidak bisa menyusuinya,atau tidak mau, formula bayi biasa digunakan di negara-negara Barat. Di negara lain ada yang menyewa “perawatbasah” (wet nurse) untuk menyusui bayi tersebut.Bayi tidak mampu mengatur pembuangan kotorannya, oleh karena itu digunakanlah popok. Mata uang dunia

BalitaBawah Lima Tahun atau sering disingkat sebagai Balita merupakan salah satu periode usia manusia setelah bayisebelum anak awal. Rentang usia balita dimulai dari dua sampai dengan lima tahun,atau biasa digunakanperhitungan bulan yaitu usia 24-60 bulan. Periode usia ini disebut juga sebagai usia prasekolah. Psikologi anak

Perkembangan fisik

Pertambahan berat badan menurun, terutama diawal balita. Hal ini terjadi karena balita memnggunakan banyakenergi untuk bergerak.

Perkembangan psikologis


Psikomotor Terjadi perubahan yang cukup drastis dari kemampuan psikomotor balita yang mulai terampil dalampergerakannya (lokomotion). Mulai melatih kemampuan motorik kasar misalnya berlari, memanjat, melompat,berguling, berjinjit, menggenggam, melempar yang berguna untuk mengelola keseimbangan tubuh danmempertahankan rentang atensi. Pada akhir periode balita kemampuan motorik halus anak juga mulai terlatih seperti meronce, menulis,menggambar, menggunakan gerakan pincer yaitu memegang benda dengan hanya menggunakan jari telunjuk danibu jari seperti memegang alat tulis atau mencubit serta memegang sendok dan menyuapkan makanankemulutnya, mengikat tali sepatu. Aturan Pada masa balita adalah saatnya dilakukan latihan mengendalikan diri atau biasa disebut sebagai toilet training.Freud mengatakan bahwa pada usia ini individu mulai berlatih untuk mengikuti aturan melalui proses penahanankeinginan untuk membuang kotoran.Kognitif  * Pada periode usia ini pemahaman terhadap obyek telah lebih ajeg. Balita memahami bahwa obyek yangdiaembunyikan masih tetap ada, dan akan mengetahui keberadaan obyek tersebut jika proses penyembunyianterlihat oleh mereka. Akan tetapi jika prose penghilangan obyek tidak terlihat, balita mengetahui benda tersebut. Leukemia

masih ada, namun tidak mengetahui dengan tepat letak obyek tersebut. Balita akan mencari pada tempat terakhiria melihat obyek tersebut. Oleh karena itu pada permainan sulap sederhana, balita masih kesulitan untukmembuat prediksi tempat persembunyian obyek sulap.* Kemampuan bahasa balita bertumbuh dengan pesat. Pada periode awal balita yaitu usia dua tahun kosa katarata-rata balita adalah 50 kata, pada usia lima tahun telah menjadi diatas 1000 kosa kata. Pada usia tiga tahunbalita mulai berbicara dengan kalimat sederhana berisi tiga kata dan mulai mempelajari tata bahasa dari bahasaibunya.contoh kalimatUsia 24 bulan: “Haus, minum”Usia 36 bulan:”Aku haus minta minum” Sosial dan individu Pada periode usia ini balita mulai belajar berinteraksi dengan lingkungan sosial diluar keluarga, pada awal masabalita, bermain bersama berarti bersama-sama berada pada suatu tempat dengan sebaya, namun tidak bersama-sama dalam satu permainan interaktif. Pada akhir masa balita, bermain bersama berarti melakukan kegiatanbersama-sama dengan melibatkan aturan permainan dan pembagian peran. Balita mulai memahami dirinya sebagai individu yang memiliki atribut tertentu seperti nama, jenis kelamin, mulaimerasa berbeda dengan orang lain dilingkungannya. Mekanisme perkembangan ego yang drastis untukmembedakan dirinya dengan individu lain ditandai oleh kepemilikan yang tinggi terhadap barang pribadi maupunorang signifikannya sehingga pada usia ini balita sulit untuk dapat berbagi dengan orang lain. Proses pembedaan diri dengan orang lain atau individuasi juga menyebabkan anak pada usia tiga atau empattahun memasuki periode negativistik sebagai salah satu bentuk latihan untuk mandiri. psikologi anak

Pendidikan dan Perkembangan

Cara belajar yang dilakukan pada usia prasekolah ini melalui bermain serta rangsang dari lingkungannya,terutama lingkungan rumah. Terdapat pula pendidikan di luar rumah yang melakukan kegiatan belajar lebihterprogram dan terstruktur, walau tidak selamanya lebih baik. Bermain

Permainan peran, melatih kemampuan pemahaman sosial, contoh: permainan sekolah, dokter-dokteran,ruman-rumahan dll

Permainan imajinasi melatih kemampuan kreativitas anak

Permainan motorik, melatih kemampuan motorik kasar dan halus.Motorik Kasar contoh: spider web, permainan palang, permainan keseimbangan dllMotorik halus: meronce, mewarnai, menyuap

Masa Kanak-kanak Awal (Early Chilhood) Awal masa kanak-kanak berlangsung dari dua sampai enam tahun. Masa ini dikatakan usia pra kelompok karenapada masa ini anak-anak mempelajari dasar-dasar perilaku sosial sebagai persiapan bagi kehidupan sosial yanglebih tinggi yang diperlukan untuk penyesuaian diri pada waktu masuk kelas 1 SD. 6.

Masa Kanak-kanak Akhir (Later Chilhood)

Akhir masa kanak-kanak atau masa anak sekolah ini berlangsung dari umur 6 tahun sampai umur 12 tahun.Selanjutnya Kohnstam menamakan masa kanak-kanak akhir atau masa anak sekolah ini dengan masa intelektual,dimana anak-anak telah siap untuk mendapatkan pendidikan di sekolah dan perkembangannya berpusat padaaspek intelek. Adapun Erikson menekankan masa ini sebagai masa timbulnya “sense of accomplishment” di manaanak-anak pada masa ini merasa siap untuk enerima tuntutan yang dapat timbul dari orang lain danmelaksanakan/menyelesaikan tuntutan itu. Kondisi inilah kiranya yang menjadikan anak-anak masa ini memasukimasa keserasian untuk bersekolah. Meja Kantor

Masa Puber (Puberty) Masa Puber merupakan periode yang tumpang tindih Karena mencakup tahun-tahun akhir masa kanak-kanak dantahun-tahun awal masa remaja. Yaitu umur 11,0 atau 12,0 sampai umur 15,0 atau 16,0.Kriteria yang sering digunakan untuk menentukan permulaan masa puber adalah haid yang pertama kali padaanak perempuan dan basah malam pada anak laki-laki.Ada empat perubahan tubuh yang utama pada masa puber, .

Masa Dewasa Awal (Early Adulthood) Masa dewasa adalah periode yang paling penting dalam masa khidupan, masa ini dibagi dalam 3 periode yaitu:Masa dewasa awal dari umur 21,0 sampai umur 40,0. Masa dewasa pertengahan, dari umur 40,0 sampai umur60,0. dan masa akhir atau usia lanjut, dari umur 60,0 sampai mati.Masa dewasa awal adalah masa pencaharian kemantapan dan masa reproduktif yaitu suatu masa yang penuhdengan masalah dan ketegangan emosional, periode isolasi sosial, periode komitmen dan masa ketergantungan,perubahan nilai-nilai, kreativitas san penyesuaian diri pada pola hidup yang baru. Alat Berat

Masa Dewasa madya ( Middle Adulthood). Masa dewasa madya ini berlangsung dari umur empat puluh sampai umur enam puluh tahun. Ciri-ciri yangmenyangkut pribadi dan sosial pada masa ini antara lain:

Masa dewasa madya merupakan periode yang ditakuti dilihat dari seluruh kehidupan manusia. wisata

Masa dewasa madya merupakan masa transisi, dimana pria dan wanita meninggalkan ciri-ciri jasmani danprilaku masa dewasanya dan memasuki suatu periode dalam kehidupan dengan ciri-ciri jasmani dan prilakuyang baru.

Masa dewasa madya adalah masa berprestasi. Menurut Erikson, selama usia madya ini orang akanmenjadi lebih sukses atau sebaliknya mereka berhenti (stagnasi).

Pada masa dewasa madya ini perhatian terhadap agama lebih besar dibandingkan dengan masasebelumnya, dan kadang-kadang minat dan perhatiannya terhadap agama ini dilandasi kebutuhan pribadidan sosial.

Masa Usia Lanjut ( Later Adulthood).Usia lanjut adalah periode penutup dalam rentang hidup seseorang. Masa ini dimulai dri umur enam puluhtahun sampai mati, yang di tandai dengan adanya perubahan yang bersifat fisik dan psikologis yang semakin menurun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar